Divonis oleh dokter bahwa diri Anda terkena kanker adalah sesuatu yang sangat mengejutkan. Terutama jika Anda tidak pernah menduga hal ini bakalan terjadi. Hal seperti ini memang kerap dialami oleh penderita kanker karena pada umumnya mereka tidak tahu gejala awal dari penyakit berbahaya ini. Tak heran apabila kebanyakan dari mereka tidak bisa tertolong lagi karena sel-sel kanker sudah menyebar ke berbagai bagian organ tubuh. Di sisi lain, peluang hidup penderita kanker masih cukup tinggi apabila penyakit ini diketahui sejak dini dan dilakukan pengobatan secepat mungkin. Pertanyaannya adalah apa yang Anda lakukan setelah tahu bahwa diri Anda mengindap kanker? Temukan jawabannya di bawah ini:

Hindari mengabaikan dan menutup-nutupinya

Sebagian pengidap kanker memilih untuk diam dan tidak mau ambil pusing dengan masalah ini karena mereka sudah pasrah dan menyerah dengan keadaan. Jika Anda ingin melakukan hal ini, sebaiknya jangan dilakukan karena hal ini tidak dapat menolong Anda sendiri. Yang sebaiknya dilakukan adalah Anda harus merespon penyakit ini. Ini artinya bahwa Anda harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjalani pengobatan secepat mungkin. Tidak perlu ragu dan malu dengan penyakit ini, apalagi takut menyusahkan keluarga Anda. Orang-orang terdekat harus tahu bahwa Anda sedang dalam kondisi tidak sehat sehingga mereka pun mau memberikan dukungan dan Anda pun mau untuk terus bertahan. Bagaimana jika stadium kanker yang diderita sudah tahap lanjutan? Tidak usah menyerah begitu saja dengan kondisi Anda. Ketahui bahwa dukungan moril dapat juga membuat Anda kuat dengan kondisi Anda. Sadari bahwa semuanya sudah ada yang mengatur dan siapa tahu ada seseorang di luar sana yang bisa membantu Anda.

Segera beritahu keluarga dan lakukan pengobatan

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi bahwasannya memberitahukan keluarga adalah hal yang memang sebaiknya dan harus dilakukan. Ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan dukungan dari mereka dan keinginan untuk tetap hidup dan sembuh tetap ada. Bagaimana dengan penderita yang jauh dari keluarga atau tidak memiliki hubungan yang begitu baik dengan keluarga? Beritahu orang-orang kepercayaan atau terdekat agar Anda tetap bisa mendapatkan support dan bersemangat untuk sembuh. Seandainya memang tidak ada yang perlu tahu kondisi Anda, hal yang sebaiknya dilakukan adalah langsung melakukan pengobatan berdasarkan saran dokter. Umumnya, sel-sel kanker bisa dibutuh dengan melakukan pembedahan atau pun terapi. Pilihannya ada ditangan Anda dan tidak perlu ragu untuk melakukannya. Jika Anda butuh konsultasi terlebih dahulu untuk tahu plus dan minus dari setiap jenis pengobatan, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kanker terpercaya.

Stop melakukan hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kesehatan

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan, yaitu berhenti melakukan hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kesehatan, seperti merokok, begadang, minum minuman beralkohol, mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan dokter, dan lain sebagainya. Anda boleh saja sedih dan kecewa dengan kondisi kesehatan Anda tapi ini bukan berarti bahwa Anda boleh menyerah begitu saja. Jika Anda memang merasa tertekan, jangan pernah berpikir dan melakukan hal-hal bodoh yang dapat memperburuk kesehatan Anda apapun alasannya. Anda harus tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa sembuh dari penyakit ini.